Tentang Kami

Makanan Tradisional di Indonesia, Menjadi rumah bagi lebih dari 350 kelompok etnis, Indonesia terkenal dengan keragaman budaya, dan makanan tidak terkecuali. Masakan Indonesia adalah kumpulan tradisi kuliner daerah yang berbeda dari penduduk pulau.

Terbentang di sepanjang Khatulistiwa dengan lebih dari 6000 pulau berpenduduk, makanan Indonesia termasuk berbagai macam resep dan masakan, diperkirakan sekitar 5.350 resep tradisional, dengan 30 di antaranya dianggap yang paling penting.

Makanan ala kampung paling populer di Indonesia adalah hidangan nasi, mie, dan sup. Jika Anda mencari makanan Indonesia paling terkenal untuk dimakan dalam tur Indonesia Anda, Anda datang ke tempat yang tepat.

Makanan Tradisional di Indonesia

Nasi goreng

Anda mungkin pernah membaca beberapa panduan makanan Indonesia bahwa makanan paling terkenal di Indonesia adalah nasi goreng, yang dikenal dengan Nasi Goreng. Resepnya cukup sederhana, hanya nasi goreng wajan dengan segudang bumbu asin.

Nasi ditumis dengan sedikit margarin dan minyak, dibumbui dengan sambal cabai dan bawang putih yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan kecap manis yang memberikan sentuhan khas Indonesia pada nasi gorengnya.

Namun demikian, makanan satu piring panas dan segar yang sederhana ini adalah salah satu makanan jalanan paling populer di seluruh Indonesia sehingga menjadi hidangan nasional Indonesia.
Tergantung pada hobi favorit Anda sendiri, Nasi-goreng rasanya enak dengan kari, sayuran, ayam, telur dan kacang busuk dan banyak lagi.

Gado-Gado

Hidangan nasional Indonesia yang terkenal lainnya, Gado Gado, adalah sayuran dan salad nasi dengan saus kacang (atau saus kacang mete). Meski berupa salad, hidangan ini juga mengandung lontong sehingga bisa disantap sebagai hidangan utama atau camilan.

Gado Gado disajikan secara luas di setiap restoran Indonesia, tetapi biasanya, itu secara tradisional disajikan sebagai makanan jalanan, khususnya dari gerobak makanan kaki lima keliling.

soto

Soto adalah sup daging tradisional yang terdiri dari kaldu dan bahan-bahan yang bervariasi di seluruh kepulauan Indonesia.
Dan Soto versi jalanan biasa dibuat sangat sederhana dengan kuah bening yang dibumbui dengan ayam, kambing atau sapi.

Jika Anda mengunjungi Jakarta, Anda akan melihat bahwa itu adalah rumah bagi penduduk asli Betawi, Soto Betawi terkenal dengan basis santannya yang manis, lembut, dan kental. Soto biasanya ditaburi bawang merah renyah, bawang putih goreng, dan sambal sebanyak atau sedikit sesuai selera.

sate indonesia

Salah satu makanan Indonesia yang paling terkenal – Sate Indonesia konon sampai tahun 1950-an. Ini adalah irisan daging sate yang dimasak di atas bara. Sate bisa berupa daging, ayam, atau kambing yang direndam dalam kunyit. Biasanya, tusuk sate yang berair ini disiram dengan saus kacang dan disajikan dengan lontong (disebut ketupat), potong dadu mentimun dan bawang bombay.

Ini adalah hidangan nasional Indonesia yang telah menjadi salah satu makanan paling terkenal di Indonesia. Berjalan-jalan di sekitar jalan, Anda dapat melihatnya praktis di mana-mana dan sangat membuat ketagihan.

Masakan Tradisional Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Makan Saat Jalan-jalan di Tanah Air

pempek

Salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Palembang (di selatan Sumatera) – pempek, adalah jenis kue ikan unik yang sangat populer sebagai makanan ringan di seluruh negeri dan Jakarta, ibu kota juga.

Resep pempek tidak hanya berisi ikan yang dihaluskan tetapi juga tepung tapioka untuk memberikan tekstur kenyal yang kenyal. Pempek sering digoreng dan terkadang juga dipanggang. Di setiap hidangan, disajikan dengan mie dan saus manis, asin, dan asam.

Nasi Uduk

Nasi uduk adalah sejenis nasi yang dimasak dengan santan dan termasuk kincir berbagai daging dan sayuran.
Mirip dengan nasi lemak, nasi yang dimasak dengan berbagai aroma seperti serai, daun pandan dan bumbu kering seperti biji ketumbar, daun salam, kadang kapulaga, dan terakhir santan.

Hasilnya adalah nasi yang kaya dan gurih, plus hangat dan beraroma. Nasi uduk terdiri dari berbagai resep yang berbeda, tergantung pada wilayah Indonesia Anda berada. Anda dapat makan makanan Indonesia yang lezat ini dengan berbagai macam kari dan makanan Indonesia, tetapi juga sangat umum di Jakarta untuk makan bersama dengan makanan sederhana. ayam goreng dan sambal kecap.

Bakso

Salah satu jajanan kaki lima yang paling banyak tersedia di Indonesia dan juga di restoran-restoran yang disukai hampir semua orang, termasuk Presiden Barack Obama yang besar di Jakarta selama beberapa waktu adalah bakso.
Ada dua versi utama bakso yang tersedia, yang satu ala Cina dan yang lainnya ala lokal Indonesia – keduanya enak. Biasanya dibuat dengan daging cincang yang dicampur dengan beberapa tepung tapioka – dan tepung tapioka inilah yang membuat bakso memiliki tekstur goyang dan adiktif yang serius.

Biasanya Anda dapat memilih mi pilihan Anda, dari bihun putih tipis, dan mi kuning telur (saya penggemar mi telur). Dan bakso kemudian disajikan dengan mi dan kuah atau dikeringkan dengan kuah di sampingnya. Bakso adalah hidangan Indonesia yang tidak pedas, tetapi jika Anda suka. Selalu ada cabai dan bumbu untuk Anda tambahkan ke mangkuk Anda sendiri.

Babi Guling

Babi Guling adalah hidangan Bali populer yang pada dasarnya adalah babi panggang yang dibumbui dengan berbagai bumbu. Hidangan ini awalnya merupakan hidangan komunal yang disajikan selama pertunjukan dan upacara tradisional. Campuran khusus bumbu dan rempah-rempah tradisional diisi dan dilumuri di seluruh daging sebelum dipanggang utuh. Menghasilkan rasa beraroma menyeluruh yang membuat hidangan itu tak terlupakan.